Budidaya Lele Apakah Menguntungkan

Budidaya Lele Apakah Menguntungkan

Ada banyak pertanyaan mendasar perihal budidaya lele, salah satunya adalah apakah budidaya lele menguntungkan ? tentu pertanyaan ini pasti akan terlintas dibenak para calon pengusaha ternak lele apalagi peternak pemula, untuk itu mari kita jawab pertanyaan ini.

Mari kita berfikir logis dulu seperti ini, Apakah industri disektor perikanan kita saat ini menurun ataukah terus meningkat ? industri bidang perikanan budidaya seperti industri pakan, industri pengadaan peralatan dan perangkat budidaya seperti kolam terpal dan pernik pernik budidaya seperti serok, probitik dan obat obatan perikanan budidaya terus berproduksi.

Dengan meihat dan mengkaji perkembangan ini, menunjukkan bahwa sektor budidaya perikanan air tawar sangat menjanjikan. Logisnya begini, kalo mereka terus maju dan optimis berarti mereka telah melakukan survei dan uji lapangan bahwa budidaya ikan tawar khusus lele yang sangat diminati memiliki keuntungan sehingga peternak terus beternak karena alasan menguntungkan.

ok..! dengan fakta logis tersebut, maka para pemula tidak perlu kwatir untuk berbudidaya lele karena pasti menguntungkan. Tinggal sekarang bagaimana agar budidaya lele ini benar benar optimal hasilnya sehingga budidaya yang kita kerjakan betul betul menyenangkan karena ada hasil yang sangat memuaskan.

Berikut ini perhitungan kasar berapa biaya dan keuntungan dari budidaya lele yang akan kita peroleh, ilustrasi dengan jumlah 1000 ekor dan harga bibit  Rp.150/ekor   ;

  1. Biaya benih lele ukuran 10/11 : Rp. 150.000
  2. Biaya pakan 1000 ekor sampai panen : Rp.918.000 ( asumsi pakan habis 90 kg dengan harga Rp.306.000/sak isi 30 kg ).
  3. Biaya probiotik,obat 0batan, molase, garam dan dolomit  : Rp.100.000

Tatol biaya : Rp.1.168.000

Hasil panen bila kita hitung dengan tingakat kematian 5% maka dihasilkan ikan sebanyak 950 ekor . Bila kita panen dapat 95 kg dengan harga jual ke pengepul Rp.16.000 maka akan mendapatkan total penjualan : Rp.1.440.000 kemudian kita kurangi biaya biaya Rp.1.168.000 maka akan didapatkan hasil bersih Rp.272.000. so..ada untungnya kan, itu perhitungan menggunakan pelet murni dengan hanya 1000 ekor.

Nah sekarang bagaimana meningkatkan penghasilan kita, jalan yang paling cepat dengan meningkatkan jumlah budidaya lele. Jika ingin mendapatkan penghasilan 2 jt maka kita gandakan menjadi 10rb ekor. Caranya bagaimana ? bisa dengan memperluas areal kolam atau pakai sistem bioflok dengan lahan terbatas tapi bisa budidaya lebih padat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *